KENAKALAN REMAJA



 KENAKALAN REMAJA

Banyak sekali peristiwa-peristiwa kenakalan remaja di negara ini, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Bukan hanya anak lelaki saja yang sering melakukan kenakalan remaja, karena wanita pun kini ikut menjadi lakon dalam kenakalan remaja. Sering sekali informasi tentang kenakalan remaja di setiap berita elektronik di publikasikan, baik perbuatan asusila ataupun yang lainnya.


Kenakalan remaja adalah sebuah perilaku kenakalan yang tidak boleh dianggap remeh ataupun dihiraukan.  Menurut saya, faktor yang sangat besar adanya kenakalan remaja ialah pergaulan bebas. Dimana bergaul bebas mengandung arti kita bisa melakukan pergaulan dimanapun, dengan siapa, dan kapanpun tanpa ada batasan waktu dalam kegiatannya. 

Nah itulah alasan saya mengapa pergaulan bebas adalah penyebab terbesar kenakalan remaja, terutama bagi ana yang bertempat tinggal di daerah perkotaan karena sikap dan perilaku anak daerah perkotaan akan otomatis mengikuti perilaku jaman yang semakin cepat dan ketat. Mereka bebas untuk meniru apapun apa yang mereka lihat ataupun yang didengar baik langsung ataupun di media elektronik.

Alasan saya membuat blog ini adalah saya prihatin terhadap sikap calon anak bangsa yamg semakin hari semakin meningkat, perilaki yang sangat buruk dan tidak bisa dikendalikan. Bukan hanya itu disini saya akan menjelaskan bagaimana dampak positif atau negatif yang kita terima, proses terjadinya kenakalan remaja, ciri-ciri kenakalan remaja, faktor kenakalan remaja dan cara mengatasi kenakalan remaja.

A. Kenakalan Remaja

Banyak orangtua yang tidak mengetahui kegiatan yang dilakukan mereka diluar rumah, apakah baik ataukah buruk? besar kemunkinannya bahwa orangtua pasti beranggapan jika anaknya adalah anak yang baik dan tidak akan berbuat yang aneh-aneh. Namun itu pendapat yang salah, bagaimana kita bisa menyimpulkan bahwa anak kita tidak nakal? Dari manakah bukti itu jika kita sama sekali belum pernah menanyakan atau pun memantaunya.

B. Proses Kenakalan Remaja

Prose kenakalan remaja yang paling benar ialah sejak usia dini. Dimana kenakalan remaja itu pengaruh yang paling pertama dan utama ialah faktor dari keluarga, bagaimana mereka mendidij anaknya atau mungkin salah satu anggota keluarganya adalah salah satu sesorang yang nakal juga. 

Maksudnya ketika masih kecil atau usia dini peran orangtua dan keluarga sangatlah penting dalam mendidik mental anak, anal akan mencoba menirukan sesuatu yang pernah ia ilhat baik dari ayahnya, ibunya ataupun bosa dari kakeknya. Jadi Proses inilah yang sangat penting dan perlu di ingat, karena pengaruh yang besar ialah tetdapat dari lingkungan keluarga.

C. Ciri-Ciri Kenakalan Remaja

1. Bersikap Labil
2. Mudah Marah
3. Emosi tidak bisa dikontrol
4. Hidup Tidak nyaman
5. Tidak mendengarkan perkataan oranglain
6. Kesenangan yang lebih utama
7. Lebih suka keluar rumah dari pada dengan keluarga


Banyak yang bilang kenakalan remaja terjadi karenaa pergaulan dalam berteman, namun menurut saya itu salah dan juga tidak sepenuhnya salah. Faktor yang paling besar ialah dari DIRI ANAK ITU SENDIRI.

Disini saya mengambil contoh tentang aktivitas anak remaja di lingkungan desa. Disini saya mengambil 2 versi contoh. 

Versi yang pertama ialah ada salah satu anak remaja laki-laki dia pintar, sopan, baik, rajin belajar, mengaji, suka berteman dan bergaul dan lain-lain akan tetapi dia menpunyai teman yang terkenal jelek seperti suka mabuk-mabukan, foya-foya, keliaran di jalan, akan tetapi dia tidak ingin ikut terjerumus dari sisi temannya ia tetap menjadi diri sendiri. 

Versi kedua, ada salah satu anak remaja laki-laki juga dia pandai, suka bergaul, sopan, baik hati dan lain-lain akan tetapi dalam pergaulannya dia ikut-ikutan seperti apa yang ada dilingkungannya, ikut mabuk-mabukan, hura-hura, jalan sana jalan sini. 

Kesimpulannya : Kenakalan remaja bukan karena pergaulan, akan tetapi karena dirinya sendiri bagaiman cara mereka menyikapinya seperti apakah ia ingin badannya rusak karena sesuatu, apakah mereka ingin masa depan mereka rusak, apakah mereka tidak memikirkan kedepannya dll.

Pesan saya disini, didiklah anak-anak anda dengan baik, bekali mereka dengan perilaku yang baik mulai dari kecil baik keluarfa atau lingkungan terdekat, entah itu mengaji atau yang lainnya, agar kelak seiring pertumbahannya anak mereka bisa mengira mana yang baik dan mana yang buruk karena mereka telah mempunyai tameng perlindungan dari kecil hingga dewasa

Semoga bermanfaat !

Comments

  1. Blog yang bagus.... semoga terus berkembang... Saya ingin berbagi article tentang Tokyo di Roppongi Hillsdi http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/04/tokyo-di-roppongi-hills.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/ZVnukaMfBTg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andi Sep KurniawanJune 23, 2019 at 7:32 PM

      Terimakasih. Semoga bisa berkontribusi lebih banyak lagi

      Delete

Post a Comment